A TRAVEL BLOG BY AIYA LEE

22 November, 2012

PROSEDUR & ETIKA NAIK PESAWAT


Jika dulu naik pesawat merupakan hal yang sangat identik dengan kaum borjuis, kini semua orang bisa mencobanya. Bahkan, semakin hari harga tiket yang ditawarkan semakin murah. Hal ini dikarenakan banyaknya destinasi yang dilayani maskapai dan faktor persaingan okupansi pada penerbangan rute buncit di tanah air.

Menyiasati ketidaktahuan tentang etika dan prosedur naik pesawat terbang, tidak ada salahnya anda mempelajari segalanya dari sekarang.

Tiket = Harga Mati
Melakukan perjalanan dengan pesawat terbang hukumnya wajib memiliki tiket sebagai "kata kunci." Yang harus diingat, nama yang tertera di tiket harus sesuai dengan nama yang ada pada KTP anda. Selain menaati aturan main, itu merupakan syarat mutlak untuk melakukan klaim asuransi jika terjadi kecelakaan selama penerbangan.

Tiket Untuk Anak
Anak yang berusia dibawah 22 bulan (bayi/infant) tidak diwajibkan membeli tiket dan duduk sendiri, orang tua harus menjadi pendamping dan ikut terbang bersama bayi. Kebanyakan maskapai menerapkan peraturan ketat dalam hal ini, ada yang harus dibawa ke loket pembelian tiket dan ditimbang berat badannya sebelum label boarding pass diberikan.

Anak diatas 22 bulan (child) sudah terhitung dewasa dan harus membeli tiket terpisah. Perihal harga, infant hanya membayar sebesar 10% dari total harga tiket orang dewasa, sedangkan child tetap dihitung normal karena mendapatkan tempat duduk dan layanan standar yang berlaku untuk dewasa.

Status Sosial
Status sosial dan gelar akademik tidak diperlukan selama perjalanan (SE, SH, Hi, M.Si, dll). Jangan membuang waktu anda dengan menulisnya di tiket. Pesawat tidak peduli anda berpendidikan atau tidak, asalkan bisa bersikap sopan dan menuruti peraturan, itu sudah cukup.

Kecuali Dokter
Lain hal bila anda adalah seorang dokter. Anda bahkan direkomendasikan untuk berkenan menyertakan gelar "dr." anda di tiket. Ketika berada dalam keadaan darurat, hanya tenaga medislah yang paling dibutuhkan awak kabin pesawat.

Unaccompained Minors
Atau yang biasa disingkat "UM" adalah layanan khusus bagi anak-anak yang bepergian tanpa pendampingan orang dewasa. Biasanya mereka akan ditangani oleh awak kabin sejak dari proses lapor berangkat hingga penjemputan oleh pihak yang telah diberi kuasa.

Hubungi maskapai bersangkutan untuk mempelajari syarat dan ketentuan yang berlaku, selanjutnya anda akan diminta menandatangani surat perjanjian dan pemindahan kuasa selama anak yang dititipkan ikut bersama dalam penerbangan. Batas usia maksimal yang ditetapkan adalah 11 tahun, dan 4 tahun untuk batas minimal.

Bagasi
Bawalah bagasi sesuai keperluan untuk mengantisipasi terjadinya kelebihan bagasi (overweight). Jatah kuota bagasi untuk penerbangan domestik adalah 20kg bagi kelas ekonomi, 30kg untuk kelas bisnis dan penerbangan internasional, serta 15kg untuk maskapai yang menggunakan jenis pesawat twin otter.

Tandai bawaan rapuh sebagai barang pecah belah (fragile) dan hindari memasukkan barang berharga ke dalam bagasi.

Baggage Tag
Merupakan label yang berisi informasi nomor bagasi. Diberikan pada saat proses timbang bagasi berlangsung. Lazimnya baggage tag terdiri dari kombinasi alfanumerik. Cocokkan kembali sticker bagasi anda dengan kode baggage tag sebelum mengambil barang yang berjalan di conveyor belt.


* * *
Setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum terbang, kini saya akan berbagi langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum naik ke pesawat.

E-Tiket
Kini tiket pesawat sudah berupa electronic ticket, maksudnya adalah data-data calon penumpang hanya dicetak dalam satu kertas saja. Pastikan kembali nama, tanggal, rute, dan harga tiket setelah anda menerimanya. Simpan kode booking yang tertera di tiket untuk mengantisipasi jika anda teledor meninggalkan tiket di tempat lain. Minta petugas maskapai mencetak kembali tiket anda dengan menunjukkan kode bookingnya.

Check-in
Ini adalah istilah lain dari "lapor berangkat", dimana penumpang yang sudah memiliki tiket akan dipastikan kembali sebelum lanjut ke proses timbang bagasi. Siapkan kartu identitas anda saat berada dalam antrian untuk mempercepat pendataan.

Check-in dapat diwakilkan oleh orang lain, dengan syarat nama calon penumpang harus sesuai dengan nama yang tertera di kartu identitas. Layanan ini mulai berlaku sejak 2 jam sebelum waktu keberangkatan dan tutup 45 menit sebelum take-off.

Block Seat
Anda dapat memilih posisi tempat duduk yang diinginkan, hal ini berlaku sesuai jenis kelas yang terttera di tiket. Untuk bussiness class, anda dapat memintanya melalui pusat layanan maskapai atau langsung di loket pembelian.

Bagi penumpang kelas ekonomi, mintalah petugas pasasi untuk menyimpan nomor tempat duduk yang anda kehendaki ketika proses check-in sedang berlangsung. Perlu diingat, perempuan hamil dan anak-anak tidak diizinkan melakukan block seat di exit row atau pintu evakuasi

Airport Tax & Asuransi
Sejak Maret 2015 seluruh penerbangan domestik/ internasional dari dan ke seluruh bandara di Indonesia sudah memberlakukan penyederhanaan administrasi berupa biaya pajak bandara yang diakumulasi ke dalam harga tiket. Tolak tegas petugas yang menawarkan layanan asuransi atau yang mengatasnamakan pajak daerah. Asuransi anda sudah dijamin maskapai sejak tiket anda dianggap valid di meja check-in.

Boarding
Setelah verifikasi data di check-in counter, penumpang akan mendapatkan kertas yang berisi jadwal keberangkatan, nomor bagasi, nomor ruang tunggu dan waktu boarding. Kertas itu disebut boarding pass. 

fungsinya untuk memastikan kembali jumlah penumpang yang ada di daftar manifest maskapai. Boarding dilakukan 45 menit sebelum pesawat tinggal landas. Pastikan anda tak meninggalkan ruang tunggu agar tak ketinggalan pesawat.

Penumpang Transit
Jika anda adalah penumpang lanjutan dan menggunakan maskapai yang sama tetapi beda pesawat, anda akan diberikan kartu transit yang nantinya harus diserahkan kepada petugas pasasi di bandara penghubung.

Misalnya, jika anda terbang dengan Garuda Indonesia dari Jakarta-Ternate via Makassar, anda harus menyerahkan kartu transit saat tiba di bandara Makassar untuk ganti pesawat. Lain halnya jika anda terbang dengan penerbangan lanjutan, yang artinya anda tetap singgah di Makassar tetapi tidak diperkenankan turun dari pesawat.

* * *
Jika sudah paham prosedur dan langkah-langkah naik pesawat, sekarang mari belajar bagaimana bersikap sebagai seorang penumpang yang baik.

Dilarang Merokok
Sesuai dengan Peraturan Penerbangan Sipil, seluruh maskapai di dunia menerapkan aturan bebas asap rokok untuk setiap penerbangan yang berlaku. Bersikaplah kooperatif dengan mematikan rokok anda setelah memasuki area bandara.

Gunakan fasilitas smoking area jika anda adalah perokok akut. Pastikan jarak aman polusi asap rokok dari ibu hamil, anak-anak, lansia dan penderita Rhinitis atau orang-orang yang alergi terhadap paparan asap rokok.

Gadget
Signal telepon genggam adalah masalah serius yang dapat mengancam sistem navigasi kapal terbang. Matikan seluruh perangkat digital yang memiliki radio pemancar aktif. Pengguna smartphone kini dapat menggeser tuas kendali ke sesi "flight mode" untuk menonaktifkan perangkat dengan cepat.

Pada beberapa maskapai full service, penggunaan jaringan nirkabel wi-fi kini diperbolehkan. Hubungi awak kabin pesawat sesaat setelah lepas landas.

Atas alasan keselamatan, penggunaan earphone atau alat bantu dengar sejenis tidak dianjurkan ketika proses lepas landas dan mendarat sedang berlangsung.

Penampilan
Jika tidak sedang sakit mata, hindari bergaya dengan kacamata hitam pada penerbangan malam. Memakai topi Cowboy dan Fedora di dalam kabin juga merupakan salah satu contoh kesalahan bodoh yang nyata. Yang juga perlu mendapat perhatian, jangan pernah menggunakan parfum secara berlebihan. Orang yang duduk di sebelah anda mungkin lebih menyukai wangi citrus dibanding semerbak kayu manis yang anda banggakan.

Demo Keselamatan
Ini adalah bagian paling penting dari rangkaian perjalanan menggunakan pesawat terbang. Bagi maskapai dengan armada klasik, demo keselamatan akan diperagakan langsung oleh beberapa awak kabin mengikuti purser yang memberikan announcement. Sedangkan jenis pesawat moderen sudah menampilkan peragaan safety demonstration langsung di layar depan kursi anda masing-masing.

Satu-satunya cara untuk fokus pada saat peragaan berlangsung adalah dengan membayangkan jika anda berada dalam sebuah penerbangan naas.

Porter
Porter banyak ditemui di bandara kecil yang dikelola pemerintah daerah. Gunakan hanya jika membawa barang yang banyak dan tidak menemukan troli.

Artikel ini dipublikasikan kembali di travelog Ransel Kecil dengan beberapa perubahan isi konten yang lebih mudah dipahami.

I live in the amazing East Indonesia

A travelogger who loves humanity echoes.
Life as nomadic and born to be talkative.